Pengertian Paragraf dan fungsinya




A. Pengertian paragraf
paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dng garis baru) biasa kita sebut alinea.

CONTOH :
Energi panas tidak dapat kita lihat bentuknya, tetapi pengaruhnya dapat kita rasakan disebut juga kalor. Alat pengukur panas disebut kolorimeter. Satuan panas adalah kalori. Panas yang berhubungan dengan suhu dapat diukur dengan termometer.
Sumber energi panas yaitu benda benda yang dapat menimbulkan panas seperti api, matahari dan lainsebagainya.

B. Fungsi paragraf
Fungsi paragraf adalah sebagai berikut :
  1. Penampung petikan fikiran atau ide pokok
  2. Alat untuk memudahkan pembaca memahami jalan fikiran pengarang
  3. Alat bagi pengarang untuk mengembangkan jalan fikiran secara sistematis
  4. Pedoman bagi pembaca mengikuti dan memahami alur fikiran pengarang
  5. Alat untuk penyampai cuplikan fikiran atau ide pokok pengarang kepada para pembaca
  6. Sebagai penanda bahwa fikiran baru dimulai
  7. Dalam rangka keseluruhan karangan paragraf dapat berfungsi sebagai pengantar, transisi, dan penutup (kesimpulan)


UNSUR UNSUR PARAGRAF

Unsur unsur terdiri dari :
  1. kata penghubung antar alinea atau paragraf (transition)
  2. Kalimat topik (topik sentence )
  3. Kalimat pengembang (Development sentences)
  4. Kalimat penegas (punch line)
PARAGRAF                            UNSUR
         _______________________
_____________________________ TRANSISI
_____________________________
_____________________________ KALIMAT TOPIK
_____________________________
_____________________________ KALIMAT PENGEMBANG
_____________________________
_____________________________
_____________________________ KALIMAT PENEGAS
__________


CONTOH :

         Bunyi dapat merambat melalui benda padat. Kecepatan perambatan bunyi melalui berbagai jenis benda, tidaklah sama. Berdasarkan penelitian para ahli, bunyi yang merambat melalui benda padat lebih cepat terdengar dari pada melalui benda cair atau benda gas. Kecepatan perambatan bunyi disebut juga cepat rambat bunyi. Berdasarkan penelitian, cepat rambat bunyi di udara pada suhu 20 derajat celsius adalah 343 m per detik, cepat rambat bunyi di air kira kira 1.500 m per detik, dan cepat rambat bunyi di baja (besi yang amat kuat) kira kira 6.000 m per detik.

STRUKTUR DAN JENIS PARAGRAF

Struktur Paragraf

Berdasarkan fungsinya kalimat yang membangun paragraf pada umunya dapat diklasifikasikan atas dua macam yaitu: Kalimat topik/kalimat pokok, dan kalimat penjelas/pendukung:

1.Kalimat topik adalah kalimat yang berisi ide pokok atau ide utama alinea.
2.Kalimat penjelas/pendukung berfungsi menjelaskan atau mendukung ide utama paragraf.

Contoh :
          Berdasarkan penelitian para ahli, bunyi yang merambat melalui benda padat lebih cepat terdengar dari pada melalui benda cair atau benda gas. Kecepatan perambatan bunyi disebut juga cepat rambat bunyi. Berdasarkan penelitian, cepat rambat bunyi di udara pada suhu 20 derajat celsius adalah 343 m per detik, cepat rambat bunyi di air kira kira 1.500 m per detik, dan cepat rambat bunyi di baja (besi yang amat kuat) kira kira 6.000 m per detik.


Jenis Paragraf
Ada empat jenis paragraf yaitu :

  1. Paragraf deduktif

Penjelasan & Catatan Penting Paragraf Deduktif :
  1. Kalimat utama berada di awal paragraf.
  2. Menyatakan dari hal yang umum (luas) ke hal yang khusus.

Contoh :
Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.


  1. Paragraf Induktif

Penjelasan & Catatan Penting Paragraf Induktif :
1. Kalimat utama berada di akhir paragraf.
2. Menyatakan dari hal yang khusus ke hal yang umum (luas).

Contoh :
Guru menguasai materi dengan baik. Siswa terkelola dalam suasana pembelajaran yang kondusif. Proses pembelajaran aktif dan partisipatif. Evaluasi dilaksanakan sebagai pengukuran tingkat penyerapan siswa. Hal-hal di atas merupakan indikasi menuju keberhasilan pembelajaran di kelas.

  1. Paragraf Campuran

Penjelasan & Catatan Penting Paragraf Campuran :

  1. Kalimat utama berada di awal dan ditegaskan kembali pada akhir paragraf.
  2. Menyatakan dari hal yang umum (luas) ke hal yang khusus dan ditegaskan kembali pada hal yang umum (luas).


Contoh :
Bahasa sangat penting dalam kehidupan kita. Untuk berkomunikasi kita menggunakan bahasa. Untuk bekerja sama kita menggunakan bahasa. Untuk mewarisi dan mewariskan kebudayaan, kita memerlukan bahasa. Sekali lagi, betapa pentingnya bahasa bagi kehidupan kita.





  1. Paragraf Naratif

Penjelasan & Catatan Penting Paragraf Naratif :

  1. Semua kalimat dalam paragraf itu terintegrasi secara baik; menggambarkan pikiran yang terdapat dalam paragraf itu.
  2. Semua kalimat merupakan satu kesatuan isi. Satu kalimat pun tidak boleh sumbang.


Contoh :

Seseorang sedang menyapu sambil menembang. Pak Mo mengumpulkan daun-daun kering di sudut halaman. Esok hari pekerjaan yang sama menghadang di tempat yang sama. Daundaun jatuh dan Pak Mo menyapunya lagi. Begitulah rupanya hakikat dari hidup, selalu menuntut dibersih-bersihkan karena sampah dapat datang setiap saat, setiap desah nafas.


Kriteria Paragraf
Kriteria paragraf yaitu

  1. kepaduan paragraf
Kepaduan paragraf adalah adanya kemampuan untuk merangkai kalimat sehingga berkaitan satu sama lain sehingga logis dan serasi

Contoh :

Remaja mempunyai banyak potensi untuk dikembangkan. Remaja terkadang tidak menyadari bahwa ia memiliki banyak kelebihan yang bisa digali dan diberdayakan guna menyongsong masa depan. Mereka perlu bantuan untuk dimotivasi dan diberi wawasan. Anak-anak muda lewat potensinya adalah penggengam masa depan yang lebih baik dari para pendahulunya.


  1. kesatuan paragraf
Yang dimaksud kesatuan paragraf adalah tiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama.

Contoh paragraf deduktif :

PBB menetapkan 12 Agustus sebagai hari Remaja Internasional. Pencetus gagasan ini ialah para menteri sedunia yang menangani masalah remaja di portugal 1998. Tujuannya guna memicu kesadaran remaja untuk memahami masalah sosial budaya, lingkungan hidup, pendidikan dan kenakalan remaja.


Contoh paragraf induktif :

Kalau ditanya rencana masa depan, banyak remaja menjawab asal-asalan. Mereka tidak punya greget dalam menatap masa depan, mereka sebagai air, mengikuti aliran tanpa berperan mengarahkan air itu. Tanpa motivasi, tanpa perencanaan yang jelas. Mereka yang pesimis, harapan masa depannya pun rendah.


  1. kelengkapan paragraf
Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila di dalamnya terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjukan pokok pikiran atau kalimat utama.


Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi penjelasan berupa rincian, keterangan, contoh dll.



Kelengkapan paragraf berhubungan dengan cara mengembangkan paragraf. Paragraf dapat dikembangkan dengan cara pertentangan, perbandingan, analogi, contoh, sebab akibat, definisi dan klasifikasi.
Contoh cara pertentanga :

Orang yang suka memberi dengan ikhlas hidupnya tak pernah kekurangan, berbeda denganorang yang kikir, jiwanya tertekan karena harus pelit.


Contoh cara perbandingan:
Hidup jangan seperti lalat yang suka makan barang-barang busuk, akan tetapi hiduplah seperti lebah yang hanya makan sari bunga yang wangi dan manis yang memberikan banyak keuntungan bagi makhluk lain.

Contoh cara analogi:
Peran gizi bagi kesehatan manusia tidak bisa ditawar-tawar lagi, tubuh ibarat mobil, mobil perlu bensin untuk jalan, manusia pun perlu beras untuk berenergi.

Contoh cara sebab akibat:

Pertama kali pindah kekota ia adalah anak yang baik, tahun pertama ia masuk Smk mulai merokok, malam minggu kumpul ditempat tongkrongan langganan, disuguhi minuman beralkohol, mulailah mabuk-mabukan. Kini rokoknya diganti dengan lintingan ganja, uang transport sering dipakai beli ganja, sekolah sering bolos, akibatnya raport jelek, badan kurus dan sekarang mulai berani enjual barang-barang rumah untuk membeli si daun haram itu.


Contoh definisi :
Paragraf ialah suatu bagian dari karangan yang di dalamnya terdiri atas beberapa kalimat yang selalu berkaitan satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh membentuk satu pikiran utama. Di dalam paragraf biasanya terdapat satu kalimat yang menjadi pokok pikiran dari paragraf tersebut yang biasa kita kenal dengan kalimat utama.

Contoh cara klasifikasi :
Ada paragraf yang isinya mengisahkan kehidupan seseorang, menjelaskan sebuah proses, melukiskan keadaan dengan kata-kata, bahkan ada paragraf yang isinya mempengaruhi cara berpikir orang lain. Ditinjau dari sifat isi paragraf tadi maka paragraf dapat digolongkan menjadi paragraf deskriptif, paragraf naratif, paragraf persuatif, dan paragraf argumentatif.



Komentar

  1. keren meskipun ga bisa di baca tulisannya..
    http://groupbands.com/
    http://groupbands.com/shop/katalog/
    http://groupbands.com/category/equipment
    http://groupbands.com/category/equipment/stompbox
    http://groupbands.com/
    http://groupbands.com/shop/katalog/
    http://groupbands.com/category/equipment
    http://groupbands.com/category/equipment/stompbox
    http://groupbands.com/
    http://groupbands.com/shop/katalog/
    http://groupbands.com/category/equipment
    http://groupbands.com/category/equipment/stompbox
    http://groupbands.com/
    http://groupbands.com/shop/katalog/
    http://groupbands.com/category/equipment
    http://groupbands.com/category/equipment/stompbox

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan ciri hadis mutawatir

Asal usul Manusia Ditinjau dari kacamata islam

pengaruh zat adiktif bagi kesehatan tubuh